tampil cantik dan mempesona

Kamis, 21 Juli 2016

10 penyebab rontokya rambut

Tidak ada komentar :

Bagaimana caranya mengatasi rambut rontok? mungkin pertanayaan ini sering mengganggu pikiran sebagian orang yang memang mengalami kerontokan rambut dan mengginginkan ia kembali sehat seperti sedia kalam, namun sebuah pertanyaan yang malah jarang sekali terlintas yaitu : apasih penyebab rontoknya rambut?

yah, mungkin inilah yang harus kita pahami lebih dulu. karena terasa kurang pas jika kita cuma mengobati namun kita tidak sekaligus mencari tahu apa sebab dari asal masalah tersebut.
ibarat kita sakit tapi kita cuma mengobati namun semua penyebab dari sakit itu sendiri tetap terjadi tanpa kita berusaha menghindarinya, tentunya anda tahu apa yang akan terjadi selanjutnya

Nah, berikut patut anda ketahui apa saja penyabab rontoknya rambut secara ilmiah:

 1. Alopecia areata

ini adalah suatu reaksi dimana sistem kekebalan tubuh kita menyerang dari folikel rambut, filokel adalah struktur akar rambut. nah jika akar rambut udah tidak adalagi pertahanan/lemah maka kerontokan  rambut akan mudah terjadi.

gangguan ini bisa terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita dewasa.

gangguan ini biasanya di tandai dengan rontoknya sejumblah rambut dikepala, stress atau riwayat keluarga penyakit lain, seperti diabetes tipe 1 bisa juga menjadi penyebab gangguan ini namun dalam beberapa kasus belum pernah sampai terjadi kebotakan yang parah.

 2. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

terjadinya penipisan rambut dalam waktu singkat adalah tanda2 dari Sindrom ovarium polikistik (PCOS),  ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

PCOS menyebabkan kelebihan testosteron atau androgen hormon dalam tubuh, yang berinteraksi dengan enzim yang ditemukan dalam folikel rambut dan mengkonversi ke dihidrotestosteron turunannya (DHT).

Ini adalah DHT yang mengikat dengan folikel rambut, menyebabkan mereka menyusut dan akhirnya mengarah pada penipisan rambut.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam International Journal of Kesehatan Perempuan mencatat bahwa pengurangan androgen karena PCOS mengurangi pertumbuhan rambut baru dan memperlambat pertumbuhan rambut yang sudah ada.

Studi lain yang dipublikasikan pada tahun 2013 dalam jurnal yang sama menemukan bahwa alopecia bermotif, lebih umum pada wanita dibandingkan laki-laki, umumnya disebabkan oleh gangguan endokrin yang mendasari, seperti PCOS atau hiperplasia adrenal akhir-onset.

Gejala lain dari PCOS termasuk pertumbuhan rambut wajah, menstruasi yang tidak teratur, jerawat, dan kista pada indung telur. Konsultasikan dengan dokter Anda sesegera mungkin

 3. Kekurangan Zat besi/Anemia

fungsi dari zat besi adalah membantu dari reproduksi sel darah merah dalam tubuh, nah jika sel darah merah dalam tubuh berkurang berarti akan berkurang pula suplai oksigenn dalam tubuh termasuk pada rambut. Tanpa oksigen yang cukup, rambut menjadi kehilangan nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kekuatan akhirnya terjadilah penipisan rambut atau rontoknya rambut.

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology melaporkan bahwa kekurangan zat besi terkait dengan rambut rontok. Bahkan mungkin berhubungan dengan alopecia areata, alopecia androgenetic, telogen effluvium dan rambut rontok menyebar.

Wanita dengan kekurangan zat besi berada pada risiko rambut telogen rontok, menurut sebuah studi 2009 yang diterbitkan di Acta Dermatovenerologica Croatica. kadar feritin serum di bawah atau sama dengan 30 ng / mL sangat terkait dengan rambut telogen rontok.

Studi lain 2013 diterbitkan dalam Journal of Korea Ilmu Kedokteran menegaskan hubungan antara kekurangan zat besi dan perempuan kehilangan pola rambut, terutama pada wanita premenopause.

 4. Hypothyroidism (kganguan pada tiroid)

Kelenjar tiroid bertanggung jawab untuk mensekresi hormon tiroid, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, termasuk rambut Anda.

Nah jika terjadi gangguan pada tiroid maka suplai hormon tiroid ikut terganggu juga dan ini akan menyebkan pertumbuhan pada jaringan tubuh kita termasuk rambut

gejala lain dari hipotiroidisme adalah obesitas, kelelahan, sembelit, depresi dan sulit berkonsentrasi.

Sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinology Clinical and Metabolism melaporkan bahwa hormon tiroid secara langsung mempengaruhi beberapa aspek anatomi rambut, dari siklus pertumbuhan rambut untuk pigmentasi rambut.

 5. Lupus

Penyakit ini juga ditengarai terjadinya ganguan pada kulit kepala sehingga mengakibatkan terjadinya penipisan atau krontokan rambut bahkan rambut juga mepengaruhi tekstur rambut menjadi kasar.

kerontokan bisa diketahui saat pasien lupus keramas atau saat menyisir rambutnya, Sebuah studi 2009 yang diterbitkan di Amerika Utara Journal of Medical Sciences melaporkan rambut rontok menjadi salah satu fitur klinis yang paling mencolok dari aktif lupus eritematosus sistemik.

 6. Telogen effluvium

Telogen effluvium adalah pemicu yang umum pada kasus rontoknya rambut dikepala hal ini di tengarai dengan rontoknya rambut lebih dari 200 helai perharinya.

beberapa hal yang di tengarai menjadi pemicu terjadinya Telogen effluvium antara lain:

 -pasca operasi besar
 -anemia
 -menopause
 -obesitas
 -stres yang ekstrim
 -styling

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology & Dermatologic Surgery melaporkan bahwa telogen effluvium pada wanita dewasa yang umumnya terkait dengan anemia defisiensi besi dan hipotiroidisme.

 7. infeksi kulit kepala

Kulit kepala yang sehat tentunya akan mempengaruhi sehatnya rambut anda, namun jika terjadi gangguan pada kulit kepala maka akan mempengaruhi pula pada kelangsungan kesehatan rambut anda (kerontokan).

hal yang sering mengganggu kesehatan kulit kepala umumya jamur(tinea capitis), jamur ini biasanya tumbuh dari jaringan rambut yang mati kemudian menyebar kesekitar dan mengakibatkan kerontokan di area yang terinfesksi.

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam International Journal of Trichology, 210 dari 2.800 anak-anak terlihat di klinik dermatologi memiliki keluhan rambut rontok dan gangguan kulit kepala.

 8. Kurangnya Zink

Zinc merupakan mineral penting yang mempromosikan reproduksi sel, pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Ini membantu dalam pemeliharaan kelenjar mensekresi minyak yang melekat pada folikel rambut. Jadi, ketika tubuh Anda kekurangan seng, karena langsung mempengaruhi pertumbuhan rambut Anda.

Kekurangan Zink di tandai dengan rapuhnya rambut baik yang di kepala maupun di area lain karena kekurangan Zing dapat menyebabkan kerusakan pada molekul protein.

untuk mengatasi kekurangan Zink anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang memang ditengarai mengandung cukup zink seperti: daging merah, telur, tiram, kepiting, lobster, pulsa, kacang-kacangan, sereal gandum, seng-sereal dan produk susu seperti keju dan susu rendah lemak.

 9. Kekurangan Protein

protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kinerja dari tubuh semisal: mengatur hormon untuk perbaikan jaringan, apalagi yang kita tahu bahwa rambut terbentuk dari keratin protein. maka jika tubuh anda kekurangan Protein akan berakibat langsung pada rambut anda.

mungkin kita merasa cukup akan asupan protein yang kita konsumsi, namun kadang terjadi buruknya daya serap tubuh terhadap protein yang disebabkan oleh beberapa hal antara lain: intoleransi gluten, penyakit kandung empedu, gagal hati, penyakit pankreas, mobilitas usus yang abnormal dan pertumbuhan berlebih dari bakteri dalam perut.

10. Arteri tersumbat

tentu kita tahu fungsi dari arteri yaitu mentransportasikan zat keseluruh jaringan tubuh sesuai kebutuhan nya, nah jika arteri anda terganggu maka akan terjadi masalah pada tubuh anda.

memang tidak bisa dipungkiri lagi jika terjadi kerontokan pada rambut anda maka telah terjadi malfungsi pada tubuh anda dan bisa jadi arteri anda sedang terganggu.

Sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine melaporkan hubungan antara pola kebotakan laki-laki dan penyakit jantung koroner. Masalahnya adalah lebih umum pada pria dengan hipertensi atau kolesterol tinggi tingkat.

Nah, sekarang anda tahu apasih penyebab dari rontoknya rambut anda sehingga memudahan anda untuk melindungi dan menjaga mahkota anda dari beberapa ancaman diatas

untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda bisa konsultasi dulu dengan dokter kecantikan untuk mengatasi permasalahn padarambut anda

sumber :top10homeremedies.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar